Masa Depan Cerah Anak Indonesia

Sebagai seorang ibu dari 3 anak, apa sih yang diharapkan untuk masa depan mereka?

Buanyaak. Salah satu yang terselip di doa-doa gw adalah semoga mereka masih bisa merasakan serunya bermain di antara pepohonan. Yang doa itu berangkat dari kekhawatiran gw bahwa udah sedikit sekali pepohonan rimbun di sekitar wilayah rumah. Padahal waktu gw kecil masih banyak kebon tangkil dan nangka, yang biasa dijadiin tempat ngumpet kalo lagi main petak umpet atau sekedar main lari-larian di antara pepohonan itu. Aaah… kebayang serunya waktu itu.

20 tahun kemudian. Gw masih tinggal di daerah yang sama dan pepohonan kini menghilang diganti rumah, ruko dan toko. Deretan kontrakan sampai ke titik tepi sungai. Hilang sudah pepohonan dan kebon-kebon memori masa kecil.

Apa kabar nanti kalo Aretha, Kinar dan Noi udah besar… Semakin padat penduduk tentu saja semakin kompleks ya permasalahannya, masalah sosial dan tentu saja lingkungan itu sendiri. Lingkungan yang semakin rusak karena penduduknya careless, masa bodoh dengan dampak produk yang mereka pakai. Kualitas udaranya gimana? Airnya? lingkungannya?Kadang gw terlalu lebay mikirin hal beginian nih hahaha

Aduuuh..ga selesai deh ini kalo mamak2 udah mellow, ya kan.

Btw, kemarin gw baca-baca di web-nya Unilever Indonesia ternyata mereka punya program “keberlangsungan kehidupan” atau sustainable living plan, yang dimulai sejak tahun 2010. Menurut gw ini penting ya, Unilever kan banyak tuh produknya dan gw liat konsumennya juga buanyak (termasuk gw, ehe ehe), jadi kontribusi mereka untuk dampak lingkungan pasti setara dong dengan jumlah konsumen yang besar. Jadi, program Sustainable Living Plan Unilever ini salah satu bentuk tanggung jawab Unilever untuk mengurangi dampak pada lingkungan. Gw sangat mengapresiasi program ini dan berharap kita sebagai konsumen juga memberikan dukungan maksimal. Gayung bisa bersambut, gitu loh.

Yang gw suka dari Sustainable Living Plan ini selain memberikan bentuk fasilitas Unilever juga berusaha mengedukasi masyarakat, membangun SDM sehingga masyarakat bisa menjadi komunitas yang kuat nilai kebaikannya. Menurut gw penting banget unsur edukasi di masyarakat dan mengajak komunitas untuk turut serta menjaga nilai-nilai kebaikan yang ada, ibaratnya pohon yang kuat dari akar sampai ujung daun bisa menebarkan manfaat bagi sekitarnya.

thumb_img_2564_1024

Teh Ninit, dari The Urban Mama sebagai salah satu contoh komunitas yang bermanfaat banyak bagi keluarga

thumb_img_2577_1024

Mba Lani dari Blibli.com menjelaskan mengapa Blibli.com tertarik kolaborasi dengan Unilever

Berbagai macam kampanye dan edukasi sudah dilakukan Unilever, diantaranya Kampanye Cuci Tangan yang Benar dan Gosok Gigi Pagi-Malam. Yang terakhir sedang giat digaungkan adalah Kampanye Bright Future, untuk mendukung masa depan cerah Anak Indonesia. Hal yang akan dilakukan adalah melengkapi fasilitas taman bermain di lima kota (yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Makassar) juga edukasi kepada masyarakat di sekitar taman bermain untuk turut merawat dan menjaga fasilitas taman bermain. Semoga taman bermainnya jadi cling dan asoy yaa, anak-anak senang mama pun senang..Aamiin

Kampanye kali ini Unilever bekerjasama dengan BliBli.com e-commerce yang sudah tentu tidak asing lagi di telinga para pelaku belanja online hihihi (ngaku!) Jadi buat sist-sist semua yang mau ikutan kontribusi melengkapi Taman Bermain di 5 kota bisa belanja produk Unilever di BliBli big choices, big deals yaaa..gampang tinggal klik klik..

Kebetulan anak-anak lagi liburan bisa jadi salah satu kegiatan liburan: belajar belanja kebutuhan rumah tangga lewat internet. Wow Mama masa kini banget!HAHAA..

Berikut tips ala ala gw untuk kegiatan anak belanja lewat internet:

  1. Jangan pake jaringan wifi umum ya Mama. Rawan di hack.
  2. Buat daftar belanja dulu, sekalian belajar nulis dan mengeja.
  3. Buat peraturan bergantian antara kakak dan adik
  4. Ajak diskusi tentang ukuran, harga, nilai lebih suatu produk dan kebutuhan di rumah
  5. Perkenalkan alat-alat bantu bayar (token, kartu ATM, dll)
  6. Perkenalkan berbagai macam profesi berkaitan dengan belanja online hingga akhirnya barang sampai di rumah
  7. Pilah pilih barang sesuai kebutuhan, bijak berbelanja. Ingat..Children see, children do.

Semoga berguna ya tipsnya.

thumb_img_2595_1024

The Urban Mama

Yuk ah ikutan #BrightFuture campaign untuk Masa Depan yang Cerah Anak Indonesia, Anak-anak kita 🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a comment