Our 1st Staycation

*  A very late post. Entah kenapa kesimpen di draft padahal udah di setting jam publikasinya20160711_11211820160711_115122

Liburan Lebaran tahun ini tiba-tiba Lukman melontarkan ide untuk staycation. Tadinya gw ogah-ogahan karena mikir ga efisien amat nginep di hotel di Jakarta, mending tidur di rumah. Tapi setelah diskusi beberapa saat gw setuju juga.. ahaha emang dasarnya mauan ya :p

Ada dua hotel yang menjadi pertimbangan kami, yaitu Discovery Hotel- Ancol dan DoubleTree by Hilton, keduanya merupakan family hotel dan tersedia kids club sebagai salah satu fasilitas hotel. Akhirnya pilihan kami jatuh pada Discovery Hotel karena berada di dalam area Taman Impian Jaya Ancol, jadi bisa ke tempat wisata yang lain di dalam area Ancol.

Kami tiba sebelum jam check-in, suasananya ramai karena masih dalam masa liburan. Senangnya sebelum check in tamu sudah diperbolehkan menggunakan fasilitas kids club dan kolam renang. fyuuh syukurlah, tadinya udah deg2an aja anak-anak bakal cranky karena nunggu kelamaan..

Kami menyewa family room karena berlibur sama Atung dan Uti Kerawang. Kamarnya bernuansa modern, cukup luas, dengan 1 king bed dan 2 queen bed. Pandangan pertama langsung merasa puas dengan pilihan kami. Etapi setelah tidur-tiduran di kasur gw perhatikan spreinya lecek gitu.. kayak bukan sprei baru disetrika. errr tiba2 bete dalam hati.

 

Agenda selanjutnya tentu saja berenang..berenang dan berenang aja seharian. Syusah bener ya ngajak anak keluar dari kolam. Kolam renang di Discovery terdiri dari 2 kolam. Kolam dewasa dan kolam anak. Kolam anak airnya hangat, jadi pas sore-sore gw berani nyemplungin Noi berenang untuk pertama kali. Yaay!

Malamnya kami berjalan-jalan di pantai.. Main pasir main, main air sampe puas. Emaknya menikmati semilir angin ala ala model. Btw, Gw suka banget sama Ancol sekarang. Bersih, pasirnya putih, tersedia banyak toilet dan musholla dan ga bolak-balik bayar parkir. Jadi alternatif liburan dan hiburan bangetlah buat gw dengan 3 bocah kicik 😀

20160712_085535Sarapan tentu salah satu acara yang ditunggu. Sarapan hotel disediakan di Kembang Gula resto. Makanannya sangat beragam dan uenaaak..im a happy belly! Mulai dari nasi uduk lengkap (karena Discovery mengusung budaya Betawi), bubur, soto, egg corner, bread, pastries, pasta, buah potong..and so on. Close table jam 10 yaaa, inget! haha

So, What i love from Discovery Hotel:

  • Terletak di dalam area Taman Impian Jaya Ancol. Gampang mau nyari hiburan lain
  • Family hotel. Tersedia Kids club, playground dan family room
  • Family room-nya oke
  • Kolam anaknya air hangat
  • Makanannya enaak
  • Hotelnya ga terlalu besar dan ga terlalu kecil. Pas!

Im not in love:

  • Sprei yang lecek. Walau peak season teteuup ya bok, bukan alasan
  • kegiatan anak-anak di luar kids club bayar lagi

Kalo dinilai 1-10. Nilai gw 8 🙂

 

 

 

Ibu Berbagi Bijak; Bagaimana Kesehatan Keuanganmu?

Kemarin gw hadir di acara #TUMBloggersmeetup “Ibu Berbagi Bijak” yang diadakan oleh Visa dan OJK. Acara Ibu Berbagi Bijak, menghadirkan Prita Ghozie sebagai financial educator. Tujuannya untuk meningkatkan literasi keuangan di masyarakat, khususnya tentang keuangan rumah tangga.

Bahasan2 yang diangkat Mba Prita tuh relate dengan kehidupan gw sehari-hari sebagai wanita dan ibu2 banget, menjelaskannya dengan bahasa sehari2 yang mudah dimengerti jadi makin menambah efek “jleb” nya hehehe

Ketika datang kita diberikan form untuk diisi tentang sumber penghasilan dan alokasi penggunaannya. Gw paling males sebenernya kalo ngisi2 form beginian, karena gw ga terbiasa nyatet2 keuangan. Jadi ngisinya kira2 aja 😀

IMG_20170725_104028

form yang diisi pada saat datang

Mba Prita menjelaskan masalah ekonomi wanita atau keluarga biasanya dimulai dari bad habit , seperti: belanja impulsif, berhutang tak terkendali, gaya hidup serta inflasi harga. Sedih banget kan kalo kondisi keuangan kita sampai ga sehat… Lalu Mba Prita menjelaskan beberapa langkah untuk mencapai keuangan yang ideal, yaitu:

  1. Financial check up
  2. Membentuk dana darurat
  3. Mengatur utang
  4. Membuat anggaran belanja
  5. Merencanakan keuangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah Financial Check Up. Financial check up dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan keuangan kita. Saat financial check up dibutuhkan kejujuran, keterbukaan kita tentang kondisi keuangan yang sebenar2nya. Mungkin bagi sebagian orang Indonesia agak tabu bahas2 gaji atau keuangan kita dengan orang lain.. Tapi dengan bersikap jujur tentang keadaan ekonomi kita saat ini, insya Allah akan lebih mudah untuk mencapai tujuan finansial di masa datang.

IMG_20170808_011952

Peringkat kesehatan keuangan

Ada tiga perangkat untuk melakukan Financial Check Up, yaitu:

  1. Mengisi Tabel Kekayaan Bersih
  2. Mengisi Tabel Arus Kas
  3. Hitungan rasio Keuangan

Caranya pilah2 antara Aset dan Kewajiban (apa saja yang termasuk di Aset dan Kewajiban lihat di foto). Lalu Total Aset dikurangi Total Kewajiban

20170725_110623

 Mengisi Tabel Arus Kas

Untuk mengisi arus kas penting sekali mencatat pemasukan dan pengeluaran yang kita lakukan. Tips dari Mba Prita kalo kita males catet2, bisa menggunakan e-money atau kartu debit yang mencatat otomatis transaksi yang kita lakukan.

Hitungan Rasio Keuangan

Tabel di bawah bisa menjadi acuan untuk hitung dana alokasi keuangan kita

IMG_20170808_010311

Jangan lupa langkah selanjutnya setelah financial check up adalah mengalokasikan dana darurat minimal 3 kali pengeluaran rutin bulanan. Dana darurat ini bisa dipakai dalam keadaan darurat di luar pengeluaran bulanan. Sebaiknya disimpan terpisah dari simpanan yang dipakai rutin, supaya kita ga ngerasa jumawa punya dana banyak.

Jadi alokasi ideal keuangan adalah sebagai berikut:

Cicilan utang 30%

Dana darurat 10%

Investasi 15%

Biaya hidup 30%

Gaya hidup 10%

Sedekah 5%

Diusahakan Cicilan hutang, dana darurat dan Investasi besarnya tidak lebih dari yang sudah dicantumkan di atas.

Dan karena gw bisa ngisi tiga poin tersebut dengan benar gw dapet hadiah bukunya Mba Prita, yeaaaay 😀

IMG_20170725_113823

Terima kasih Visa, OJK dan #TUMBloggersMeetup untuk acaranya. I was so happy and enlightened!

Sudahkah Investasi Kesehatan?

Dua nikmat yang sering dilupakan adalah nikmat kesehatan dan waktu luang – Muhammad SAW

Kapan terakhir olahraga, Rik?

Renang.. dua bulan yang lalu

Lari?

ya ampun..tutup muka, tuh sepatu sampe copot lemnya karena keseringan dianggurin

Sepedaan?

Hmm.. Sepedanya digantung, supaya ga kempes bannya. Iya..digantung muluk dari semenjak hamil Noi. Eaaaaa

wp-1484118613366.jpg

Sekarang badan udah terasa “berisi” dan baju-baju udah mulai sesak. Alarm.

Padahal sebagai orangtua dari tiga anak gw merasa penting banget menjaga fitalitas tubuh. Selain untuk nemenin mereka atifitas yang pecicilan banget juga supaya sehat terus sampe tua. Pernah liat ibu-ibu jogging berdua sama anaknya, ibunya sudah usia sebaya anaknya gadis gitu.. #relationshipgoals!

Apalagi menurut artikel ini kurang aktifitas fisik bisa menyebabkan tulang rapuh. Aduh, kapur tulis boleh rapuh Neng kalo tulang jangan dong ya.. Gimana sih biar tulang tetep sehat, kuat Insya Allah sampai akhir hayat?

Menurut talkshow “Investasi Tulang Sehat Untuk Masa Depan” yang gw ikutin di DLab. Salah satu kunci penting tulang sehat sampai tua adalah Olahraga sist, engga boleh nawar. Tenang .. Olahraganya ga harus angkat besi.. Jalan pagi, bersepeda, yoga termasuk loh. YANG PALING PENTING adalah KONSISTEN! Selain itu faktor asupan juga pegang peranan penting. Bagi orang dewasa Asia dibutuhkan kalsium kurang lebih 1000 mg/hari perhari. Silakan konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium seperti : brokoli, bayam, kale, kacang almond, atau flaxseeds.

wp-1484118701674.jpg

Masalah gw adalah tipikal ibu-ibu perkotaan *jiyeh* jarang jalan kaki, jarang olahraga, suka ga ketemu sinar matahari dan kadang asupan kalsium gw gak cukup memadai untuk satu hari. Plus suka ngopi dan sudah berumur lebih dari 30 tahun. Kata narasumber kemarin kopi berlebihan bisa menyebabkan turunnya kepadatan mineral tulang dan umur 30 adalah masa puncak kepadatan tulang, hmm kombinasi aduhai ya untuk gw.

Setelah tau fakta2 kesehatan tulang (dan kombinasi aduhai gw) salah satu solusi mencukupi kebutuhan kalsium harian, gw minum Protecal Bone Kenapa gw pilih Protecal Bone? Karena di toko obat depan rumah ada, Iya gampang didapatnya! Udah gitu sekarang ada bentuk kaplet, gw lebih suka yang kaplet daripada yang effervescent, tinggal minum pake air putih, glek..selesai. Nah untuk yang sudah terindikasi osteoporosis bisa kejar asupan kalsiumnya dengan meminum Protecal Osteo, yg kemasannya warna biru.

Udah gitu doang, Rik..kelar masalah lo? WAHAHAH enggak.. gw masih catet PR gw untuk rutin olahraga. Investasi harus merata ya sist..Supaya saat tua gw masih kece dan masih bisa lari-lari kejar cucu. Aamiin

 

 

 

 

 

Masa Depan Cerah Anak Indonesia

Sebagai seorang ibu dari 3 anak, apa sih yang diharapkan untuk masa depan mereka?

Buanyaak. Salah satu yang terselip di doa-doa gw adalah semoga mereka masih bisa merasakan serunya bermain di antara pepohonan. Yang doa itu berangkat dari kekhawatiran gw bahwa udah sedikit sekali pepohonan rimbun di sekitar wilayah rumah. Padahal waktu gw kecil masih banyak kebon tangkil dan nangka, yang biasa dijadiin tempat ngumpet kalo lagi main petak umpet atau sekedar main lari-larian di antara pepohonan itu. Aaah… kebayang serunya waktu itu.

20 tahun kemudian. Gw masih tinggal di daerah yang sama dan pepohonan kini menghilang diganti rumah, ruko dan toko. Deretan kontrakan sampai ke titik tepi sungai. Hilang sudah pepohonan dan kebon-kebon memori masa kecil.

Apa kabar nanti kalo Aretha, Kinar dan Noi udah besar… Semakin padat penduduk tentu saja semakin kompleks ya permasalahannya, masalah sosial dan tentu saja lingkungan itu sendiri. Lingkungan yang semakin rusak karena penduduknya careless, masa bodoh dengan dampak produk yang mereka pakai. Kualitas udaranya gimana? Airnya? lingkungannya?Kadang gw terlalu lebay mikirin hal beginian nih hahaha

Aduuuh..ga selesai deh ini kalo mamak2 udah mellow, ya kan.

Btw, kemarin gw baca-baca di web-nya Unilever Indonesia ternyata mereka punya program “keberlangsungan kehidupan” atau sustainable living plan, yang dimulai sejak tahun 2010. Menurut gw ini penting ya, Unilever kan banyak tuh produknya dan gw liat konsumennya juga buanyak (termasuk gw, ehe ehe), jadi kontribusi mereka untuk dampak lingkungan pasti setara dong dengan jumlah konsumen yang besar. Jadi, program Sustainable Living Plan Unilever ini salah satu bentuk tanggung jawab Unilever untuk mengurangi dampak pada lingkungan. Gw sangat mengapresiasi program ini dan berharap kita sebagai konsumen juga memberikan dukungan maksimal. Gayung bisa bersambut, gitu loh.

Yang gw suka dari Sustainable Living Plan ini selain memberikan bentuk fasilitas Unilever juga berusaha mengedukasi masyarakat, membangun SDM sehingga masyarakat bisa menjadi komunitas yang kuat nilai kebaikannya. Menurut gw penting banget unsur edukasi di masyarakat dan mengajak komunitas untuk turut serta menjaga nilai-nilai kebaikan yang ada, ibaratnya pohon yang kuat dari akar sampai ujung daun bisa menebarkan manfaat bagi sekitarnya.

thumb_img_2564_1024

Teh Ninit, dari The Urban Mama sebagai salah satu contoh komunitas yang bermanfaat banyak bagi keluarga

thumb_img_2577_1024

Mba Lani dari Blibli.com menjelaskan mengapa Blibli.com tertarik kolaborasi dengan Unilever

Berbagai macam kampanye dan edukasi sudah dilakukan Unilever, diantaranya Kampanye Cuci Tangan yang Benar dan Gosok Gigi Pagi-Malam. Yang terakhir sedang giat digaungkan adalah Kampanye Bright Future, untuk mendukung masa depan cerah Anak Indonesia. Hal yang akan dilakukan adalah melengkapi fasilitas taman bermain di lima kota (yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Makassar) juga edukasi kepada masyarakat di sekitar taman bermain untuk turut merawat dan menjaga fasilitas taman bermain. Semoga taman bermainnya jadi cling dan asoy yaa, anak-anak senang mama pun senang..Aamiin

Kampanye kali ini Unilever bekerjasama dengan BliBli.com e-commerce yang sudah tentu tidak asing lagi di telinga para pelaku belanja online hihihi (ngaku!) Jadi buat sist-sist semua yang mau ikutan kontribusi melengkapi Taman Bermain di 5 kota bisa belanja produk Unilever di BliBli big choices, big deals yaaa..gampang tinggal klik klik..

Kebetulan anak-anak lagi liburan bisa jadi salah satu kegiatan liburan: belajar belanja kebutuhan rumah tangga lewat internet. Wow Mama masa kini banget!HAHAA..

Berikut tips ala ala gw untuk kegiatan anak belanja lewat internet:

  1. Jangan pake jaringan wifi umum ya Mama. Rawan di hack.
  2. Buat daftar belanja dulu, sekalian belajar nulis dan mengeja.
  3. Buat peraturan bergantian antara kakak dan adik
  4. Ajak diskusi tentang ukuran, harga, nilai lebih suatu produk dan kebutuhan di rumah
  5. Perkenalkan alat-alat bantu bayar (token, kartu ATM, dll)
  6. Perkenalkan berbagai macam profesi berkaitan dengan belanja online hingga akhirnya barang sampai di rumah
  7. Pilah pilih barang sesuai kebutuhan, bijak berbelanja. Ingat..Children see, children do.

Semoga berguna ya tipsnya.

thumb_img_2595_1024

The Urban Mama

Yuk ah ikutan #BrightFuture campaign untuk Masa Depan yang Cerah Anak Indonesia, Anak-anak kita 🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Katalog IKEA 2017

Katalog IKEA 2017 sudah terbiit.. Siapa yang bersemangaat?

SAYAAAA…

Ga sabar rasanya mau liat-liat halaman demi halaman katalog IKEA yang bikin ngiler. Katalog tahun lalu aja masih gw simpen looh hehee, dibuang sayang 😀

Kenapa atuh gw sampe sayang-sayang si katalog IKEA..Well, Katalog IKEA membantu gw dalam rencana belanja. Karena berlakunya setahun gw jadi bisa pilah pilih dan nabung untuk barang yang gw mau. Terus yang pastinya semua setuju adalah banyak inspirasi dan tips penataan rumah di dalamnya, yang sederhana tapi menarik. di Katalog 2017 ini semua harga berlaku setahun looh dan harga2 ada yang lebih rendah dari tahun lalu…Wohooo! Bagian yang paling seneng adalah katalog IKEA bisa didapatkan secara GRATIS.

img_20160831_140621.jpg

kain-kain khas IKEA

Pada Katalog 2017 ini IKEA melakukan beberapa terobosan. Salah satunya adalah 13 artikel cerita yang menggambarkan bagaimana nilai2 IKEA terhubung dalam kegiatan masyarakat sehari-hari di berbagai negara.Yang udah gw baca adalah cerita tentang “Makna Rumah bagi Pengungsi”..duh mencelos langsung hati gw. Betapa besar arti sebuah rumah bagi sebuah keluarga.

Untuk memenuhi tuntutan kemajuan teknologi dan masyarakat yang mobile IKEA akan meluncurkan aplikasi Katalog IKEA 2017. Versi digitalnya akan diluncurkan pada tanggal 19 September nanti. Jangan lupa diunduh karena denger2 aplikasinya bakalan canggih abis. Kita bisa nyobain Augmented Reality untuk melihat apakah produk IKEA yang kita inginkan udah cucok ditaro di ruangan rumah kita. Keren kaaan..

img_20160831_143352.jpg

multifungsi

Meramaikan peluncuran Katalog IKEA 2017, IKEA Indonesia mengadakan kompetisi storytelling katalog. HAH? maksudnya? Iya, jadi katalog dibacain dengan berbagai genre yang diinginkan ada horor, romance, motivasi, hahaha ngakak duluan gw bayanginnya :))

Kompetisi ini berlangsung dari tanggal 1-18 September 2016. Hadiahnya voucher 3 juta rupiah untuk 10 pemenang. Cepet ceki ceki di IKEA.co.id dan Selamat bereksplorasi mana genre yang pas untuk kamu!

img_20160831_152058.jpg

Gak tahan untuk ga post ini hahaha.. Their famous IKEA meatball.YUMM!

 

NOW IN SEASON!

Setahun lalu gw berusaha merutinkan sarapan dengan buah. Believe it or not, badan jadi enakan dan yang paling nyata adalah urusan ke belakang lancar jaya. Sayangnya kebiasan baik ini gw tinggalkan sejak lahiran Noi. Karena merasa gak sempat kupas-kupas buahnya waktu pagi hari, udah keburu heboh dengan tiga bocah. Atau gak sempet belanja buahnya, kadang ga kuat iman dengan penjual nasi uduk depan rumah.. Aah alesan mah ada aja ya.

Bentar lagi Noi 6 bulan, udah mulai MPASI. Kesempatan emas nih untuk balik hidup sehat. Seiring niatan kembali hidup sehat ada event “Now In Season – Melbourne Market“ tanggal 13-14 Mei kemarin di Citos. Dengan niat kembali hidup sehat, gw khusyuk menyimak (motivasi) talkshow dari konsultan nutrisi, Jansen Ongko.

image

Minimal makan 3 macam warna buah dlm sehari

Berdasarkan yang gw simak dari Jansen Ongko, ternyata konsumsi sayur dan buah orang Indonesia rendah bangeett. Sedih. Padahal untuk mendukung aktifitas dan pola hidup aktif perlu asupan yang optimal dong tubuhnya. Sebab kurangnya konsumsi sayur dan buah makanya sekarang marak sekali sindrom metabolik di Indonesia, yang juga membuat miris adalah angka penderita Kanker di Indonesia termasuk yang tertinggi di Asia Tenggara (Global Cancer Statistics, 2011).

image

Talkshow with Jansen Ongko

image

image
image

Konsumsi sayur dan buah yang bermutu baik bisa memenuhi kebutuhan antioksidan dalam tubuh loh. Sebenernya gak perlu konsumsi suplemen. Tentunya semakin baik kualitas buah dan sayur semakin banyak pula kandungan vitamin dan mineral yang terkandung. Melbourne Market kemarin merupakan salah satu program Pemerintah Negara Bagian Victoria untuk memperkenalkan buah-buahan Australia yang berkualitas.

Kualitas tanah yang baik, ketersediaan air bersih, regulasi pangan yang ketat, serta praktek pertanian yang inovatif mendukung panen buah dan sayur dari Australia berkualitas sangat baik. Yang paling gw suka adalah di sana para petani bangga dengan profesi mereka, sehingga mereka berusaha menghasilkan buah dan sayur terbaik. Kelebihan lainnya adalah waktu shipping yang lebih singkat dibanding dengan negara lainnya membuat buah-buahan Australia sampai di Indonesia pada masa “pas ranumnya, pas masaknya”. Gak pake karbit-karbitan dong…kriuk manis, sedap benerr!

Udah semangat banget kan hidup sehatnya…Trus bisa didapatkan di mana buah dan sayur Autralia berkualitas? PT. Matahari Putra Prima, Tbk mendukung penuh ketersediaan buah dan sayuran segar Australia di Hypermart dan Foodmart, tak lupa dengan promo-promo menarik buibuu [PENTING].

image

Chef Yudha in action

Bosen makan buah? Alhamdulillah gw sih ngga. Tapi kalo yang bosen boleh loh buah dimakan dengan cara berbeda. Kemarin Chef Yudha buat Pir Panggang dengan Krim Anglais, tenang aja nutrisinya ga bakal ilang banyak. Di bawah gw tulisin resepnya ya, Selamat mencoba 😉

image

BAKED PEAR with CREME ANGLAIS

  • 4 pir Australia, dibelah memanjang
  • 2 sdm sirup maple
  • 375 ml susu
  • 1 vanilla bean
  • 4 telur
  • 55 g gula

Cara membuat:

  • Panaskan oven sampai 200oC, tempatkan Pir dalam pinggan tahan panas, campur sirup maple dan air dalam wadah dan tuangkan diatas pir. Panggang dalam oven, balik sekali selama 30 menit atau sampai lunak.
  • Sementara itu, tuang susu dalam panci. Masukan Vanila bean ke dalam susu, didihkan diatas api sedang. Kocok kuning telur dan gula dalam mangkok hingga kental dan pucat. Secara bertahap, masukan kocokan susu kedalam campuran telur.
  • Kembali ke panci diatas api sedang, masak, aduk terus selama 5 menit atau sampai mengental dan saring.
  • Sajikan pear dengan saus